10 Kebiasaan Tidur yang Berbahaya untuk Anda


Tidur merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Tanpa tidur, Anda tidak akan memiliki energi untuk beraktivitas di keesokan harinya. Selain itu, hal ini dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, bahkan kematian.

Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Anak-anak disarankan untuk tidur 10 jam setiap hari, sedangkan orang dewasa 8 jam setiap harinya. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, akan timbul beberapa masalah di tubuh dan kulit Anda.

Setiap orang di seluruh dunia memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Beberapa dari mereka ada yang memiliki kebiasaan baik, tetapi tidak sedikit yang memiliki kebiasaan buruk saat tidur. Berikut adalah beberapa kebiasaan tidur yang harus dihindari.

1. Minum air sebelum tidur.
Kebiasaan ini hanya akan membuat Anda terbangun 2-3 kali di malam hari untuk buang air kecil, tentu kebiasaan ini dapat mengganggu tidur Anda.

2. Tidak pernah tidur siang.
Rehatlah sebentar dari rutinitas harian Anda untuk tidur siang. Kebiasaan ini sangat bagus untuk mengistirahatkan otak Anda.

3. Jauhkan perangkat elektronik dari tempat tidur Anda.
Cobalah untuk menghindari penggunaan perangkat elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur. Kecerahan pada layar gadget dapat menggangu tidur Anda. Jika Anda memang harus menggunakan laptop, kurangi tingkat kecerahannya.

4. Membaca buku sebelum tidur.
Kebiasaan ini juga harus dihindari. Bacalah lebih awal agar Anda dapat tertidur dengan cepat.

5. Hindari meletakkan jam alarm yang cerah di meja tempat tidur Anda.
Cahaya dari layar akan mengganggu Anda sepanjang malam dan membuat Anda berpaling. Ini akan membuat Anda tidak berenergi di pagi hari.

6. Makan malam 2 jam sebelum tidur.
Jika Anda tidur dengan keadaan perut penuh, Anda akan sulit tidur karena proses pencernaan akan menjaga tubuh Anda untuk tetap terjaga.

7. Olahraga.
Berolahraga secara teratur dapat membuat Anda segar dan berenergi. Tapi, hindari melakukan olahraga sebelum tidur, minimal 3 jam sebelum tidur.

8. Kondisi kaki yang dingin.
Ketika kaki Anda dingin, Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur cepat. Hangatkan kaki Anda sebelum tidur atau pakai kaus kaki untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

9. Hindari minum kopi sebelum tidur.
Kandungan kafein dalam kopi akan meningkatkan metabolisme Anda dan membuat Anda terjaga. Untuk itu, hindari minum kopi minimal 4 jam sebelum tidur.

10. Pilih posisi tidur yang baik.
Pilihlah posisi tidur yang baik, agar Anda tidak merasakan sakit saat bangun di pagi hari.

Sumber: gtkglobal.com

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.