4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat untuk Anda Coba


Jerawat. Satu masalah kulit yang kalau didengar saja rasanya sudah menakutkan bagi para wanita. Walau bentuknya kecil, jerawat bisa membuat permukaan wajah jadi terlihat nggak mulus. Apalagi kalau pas ‘mata’ jerawatnya hilang, sisanya timbul bekas jerawat

Ada beberapa macam bekas jerawat yang mungkin Anda alam ada yang berlubang dalam dan sempit, ada yang bekasnya berbentuk sudut vertikal tajam, ada yang bergelombang dan lebar dan ada juga yang meninggalkan kemerahan atau noda hitam. Berbagai jenis bekas jerawat ini memiliki perawatan yang berbeda, lho. Ayo ketahui cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda coba berikut ini!

1. KETAHUI KANDUNGAN AMPUH DI DALAM PRODUK PERAWATAN

Cara menghilangkan bekas jerawat akan semakin efektif dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Sebelum membeli serum atau pelembap, ada baiknya Anda mengecek terlebih dulu kandungan yang ada di dalamnya. Satu kandungan yang bisa Anda cari adalah salicylic acid yang memperlambat produksi melanin dan mengurangi noda hitam akibat bekas jerawat pada wajah. Alternatif kandungan lainnya, Anda bisa mencari produk yang memiliki antioksidan tinggi seperti vitamin C. Bahan ini mampu memproduksi kolagen di bawah jaringan wajah dan menutupi bekas jerawat dengan baik.

2. ANGKAT SEL KULIT MATI DENGAN EKSFOLIASI
Mungkin cara menghilangkan bekas jerawat yang satu ini sering Anda lakukan. Namun apa produk perawatannya sudah tepat? Anda bisa menggunakan produk skincare yang sudah diformulasikan dengan baik. Banyak produk scrub yang dapat memperlambat pemulihan bekas jerawat, bahkan menyebabkan iritasi! Bukannya berangsur baik malah bekas jerawat makin terlihat. Coba lakukan eksfoliasi dengan kandungan Beta Hydroxy Acid (BHA). Selain membantu mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih pada kulit jadi berkurang. Keunggulan lainnya, kandungan ini pun mampu menyerap ke dalam kulit dengan sempurna!
3. BUAT SENDIRI MASKER PEMULIHAN BEKAS JERAWAT
Selain masker dari buah berry yang membantu kulit jerawat, Anda juga bisa gunakan campuran oatmeal, yoghurt, dan lemon. Cukup campurkan 1 sendok oatmeal dan yoghurt, lalu berikan 3 tetes lemon yang sudah diperas. Diamkan pada wajah selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. Anda bisa menggunakan masker ini dua kali dalam seminggu agar mengembalikan wajah halus Anda dan tidak menimbulkan iritasi. Bahan-bahannya juga mudah ditemui di supermarket.
Bahan-Bahan Yang Diperlukan: Oatmeal, Yoghurt, Lemon

4. COBA TINDAKAN MEDIS SEBAGAI ALTERNATIF
Jika berbagai cara menghilangkan bekas jerawat sudah Anda lakukan, tapi hasilnya kurang memuaskan (biasanya bagi Anda yang memiliki tipe bekas jerawat yang berlubang kecil dan cekung), Anda bisa berkonsultasi ke dokter kulit. Salah satu tindakan medis yang sering dilakukan adalah dermal fillers. Penyembuhan bekas jerawat akan cenderung sulit karena kulit kehilangan kandungan kolagen-nya, dan treatment ini mampu mengembalikan kulit Anda seperti semula! Selain itu bagi Anda yang memiliki tipe bekas jerawat kemerahan, perawatan medis Intense Pulsed Light (IPL) dapat membuat kulit bebas dari peradangan dan meratakan kembali warna kulit. Umumnya hasil tindakan medis akan terlihat setelah 3 bulan dan ada juga yang perlu dilakukan secara rutin. Namun Anda perlu mengingat kalau semua perawatan punya kelebihan dan kekurangannya ya, jadi lebih baik berkonsultasi dulu pada ahlinya.

TIPS AGAR BEKAS JERAWAT TIDAK SEMAKIN PARAH
Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, pilih sunscreen, foundation atau bedak padat dengan kandungan SPF ya. Karena sinar UV akan memperlambat pemulihan bekas jerawat dan menurunkan daya tahan kulit Anda. Selain itu, budayakan hidup sehat seperti kurangi merokok dan konsumsi makanan berserat. Satu lagi! Kebiasaan memencet jerawat juga lebih baik dihilangkan ya.


loading...
Diberdayakan oleh Blogger.